3 Langkah Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 (kenzo) Mati Total Detect Qualcomm HS-USB QDLoader 9008

https://www.ditflasher.com/2021/03/3-langkah-mengatasi-xiaomi-redmi-note-3-kenzo-mati-total.html

Berbagi pengalaman gan, kasus hp Xiaomi Redmi Note 3 dengan kode name (kenzo) yang mengalami masalah mati total gantung di 0,1 atau 0,2, di colok usb ke komputer hanya terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 atau istilahnya Hard Brick.

Jika kalian mengalami masalah ini pada handphone xiaomi kalian, jangan perlu tergesa-gesa dan jangan asal ponis langsung IC eMMC, memang kebanyakan kasus seperti ini yang bermasalah adalah pada ic emmc, namun, alangkah baiknya kalian berusaha dulu sebelum ganti ic, siapa tau tu ic masih bisa dipakai.

Di bawah ini langkah yang sudah saya lakukan untuk perbaikan IC eMMC, Namun disini saya gagal melakukan nya karena IC eMMC sudah rusak parah, sampai tidak ke detek sama sekali, buat kalian yang mau coba silakan bisa di simak, karena ini untung-untungan dan tergantung pada IC eMMC nya.

1. Coba Lakukan Flashing Menggunakan MiFlashTool

Langkah pertama yang dilakukan untuk memperbaiki Redmi Note 3 kenzo yang mati total adalah dengtan cara flashing handphone menggunakan MiFlashtool dan Firmware note 3 kenzo, kalian bisa download bahan nya di bawah ini ;

Jika bahan di atas sudah kalian siapkan, langsung saja ikuti tutorial di bawah ini ;

  1. Install USB Driver Qualcomm (bagi yang sudah pernah install, bisa lewati tahap ini)
  2. Install Mi Flash Tool pada komputer kalian (lewati jika sudah pernah install)
  3. Jalankan MiFlashTool yang ada di desktop
  4. Klik Select lalu arahkan ke folder firmware note 3 kenzo yang sudah di ekstrak, lalu di bagian bawah pilih clean all
  5. Koneksikan handphone ke komputer,
    1. karna pas di colok ke komputer langsung detek qualcomm 9008 jadi tidak perlu di lakukan tes poin, namun jika tidak detek 9008 harus lakukan tespoint terlebih dahulu.
  6. Jika sudah terdeteksi sebagi Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 di komputer kalian, langsung saja klik refresh pada mi flashtool
  7. Jika handphone sudah terdeteksi di MiFlash nya langsung saja klik Flash, untuk memulai flashing nya.

Sampai sini proses flashing akan berjalan, jika proses flashing berjalan normal dan tidak error, itu bertanda bagus gan, handphone kalian bisa hidup kembali, namun bagaimana jika proses flashing error atau tidak berjalan? kalian bisa coba cara kedua ;

2. Flashing Menggunakan UFI-Box (Android ToolBox)

Pada langkah kedua ini, jika langkah pertama tidak bisa dilakukan atau gagal, kalian bisa coba lakukan flashing menggunakan box ufi, untuk flashing dan cek Identify Device, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Jalankan UFI Andoid ToolBox
  2. Pilih Qualcomm > Brand Xiaomi > Model Xiaomi Redmi Note 3 (kenzo)
  3. Masukan file firmware yang di minta
  4. Koneksikan handphone ke komputer (harus terbaca sebagai Qualcomm HS-USB QDLoader 9008)
  5. Jika sudah terdeteksi di komputer dan di ufi box, langsung saja lakukan Flashing dengan cara klik Flash Pada UFI Andoid ToolBox nya

Sampai sini proses flashing akan berjalan, jika proses flashing berjalan normal dan tidak error, kemungkinan handphone kalian bisa hidup kembali, namun bagaimana jika proses flashing masih tetap error atau tidak berjalan? sama seperti yang saya alami, yang muncul error bertuliskan "init storage fail" ? langsung saja lanjut ke cara ke 3 ;

3. Cek Kondisi eMMC Menggunakan UFI-Box

Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil. kita coba cara yang ke tiga yaitu dengan direct emmc atau cabut langsung ic emmc nya kemudian pasangkan pada box bga ufi, saya sih lebih baik cabut ic emmc saja daripada harus di direct karena memakan waktu lama lagi.

  1. Pilih metode mau Direct eMMC atau Copot IC eMMC?
  2. Pasangkan eMMC ke Box BGA UFI (metode copot ic emmc)
  3. Jalankan Software UFI eMMC ToolBox
  4. Jika sudah terbuka, langsung saja klik Identify eMMC

Sampai sini jika kondisi eMMC masih bagus dan tidak terjadi error, kalian bisa lanjutkan repair eMMC, Repartisi, Program ulang IC eMMC nya.

Namun bagaimana ketika sudah di klik Identify eMMC muncul tulisan error berwarna merah? kasus ini sama seperti yang saya alami, error berwarna merah dengan bertuliskan "Failed to initialize eMMC" itu menandakan ic eMMC nya sudah error alias rusak, minta diganti dengan yang baru 😃.

Nah sekarang kerusakan handphone xiaomi redmi note 3 kenzo ini sudah ketemu, yaitu IC eMMC nya Rusak, berarti jalan terakhir untuk memperbaiki handphone xiaomi redmi note 3 kenzo ini adalah harus ganti IC eMMC nya.

Posting Komentar untuk "3 Langkah Mengatasi Xiaomi Redmi Note 3 (kenzo) Mati Total Detect Qualcomm HS-USB QDLoader 9008"