Cara Menggunakan SP Flash Tool Untuk Flashing Hp Chipset MediaTek

https://www.ditflasher.com/2021/03/cara-menggunakan-sp-flash-tool-untuk.html

Pada artikel ditFlasher kali ini, saya akan mencoba mengulas secara menyeluruh bagaimana cara menggunakan SP Flash Tools untuk Flashing ponsel Android MediaTek. Sebelumnya, mari kita mengenal SP Flash Tools dan hubungannya dengan Handphone berchipset MediaTek.

Apa itu alat SP Flash Tool?

SP Flash Tool atau SmartPhone FlashTool adalah aplikasi komputer yang dapat membantu pengguna Android untuk mem-flash ROM, Custom Recovery dan menangani berbagai kerusakan software, seperti pembaruan firmware, install ulang operating system, mengatasi hp bootloop, dan permasalahan software lainnya pada HandPhone Android berchipset Mediatek.

SP Flash Tool disediakan dalam bentuk portabel dan sangat mudah digunakan baik di versi Windows maupun Linux. Untuk versi Windows, ukuran file 44 MB dan 78 MB setelah dekompresi, mendukung semua jenis Windows, termasuk Windows XP, Windows 7, Windows 8 / 8.1 dan Windows 10.

Aplikasi ini berjalan berdasarkan file Scatter Firmware pada perangkat android berbasis MTK (Mediatek). Menggunakan SP Flash Tool tidak sesulit yang dipikirkan orang. Oleh karena itu, meskipun Anda adalah orang awam, Anda dapat menggunakannya. Artikel ini akan memandu Anda bagaimana menggunakan SP Flash Tool ke Flash Android.

Cara Flashing Hp Mediatek Menggunakan SP Flash Tool

1. Langkah pertama, kalian harus persiapkan alat dan bahannya seperti;

  • Komputer/PC/Laptop
  • Kabel Data
  • Firmware (sesuaikan dengan type hp yang ingin di Flash)
  • SP Flash Tool (download disini)
  • Driver MediaTek (Download)

2. Jika alat dan bahan di atas sudah kalian siapkan, langkah selanjutnya ikuti step by step yang saya berikan di bawah ini ;

  1. Install USB Driver MediaTek di komputer/Pc kalian (supaya komputer dapat mengenali handphone yang akan di flash)
  2. Siapkan file Firmware handphone yang akan di flash berupa file scatter (firmware harus sesuai dengan handphone yang akan di flash)
  3. Jalankan SP Flash Tool (buka folder sp flashtool, lalu double klik pada file Flash_tool.exe)

    https://www.ditflasher.com/2021/03/cara-menggunakan-sp-flash-tool-untuk.html

    Penjelasan ; 1. Klik Choose kemudian arahkan ke folder Firmware, lalu pilih file Android_scatter.txt kemudian klik open. 2. Pilih Options Mau Download Only, Firmware Upgrade, atau Download + Format All terserah kalian. 3. jika no 1 dan 2 sudah, kemudian klik download untuk memulai flashing.
  4. Jika cara di atas sudah Anda lakukan, lanjut ke langkah berikutnya;
    1.  dalam keadaan handphone mati dan terpasang baterai tekan tombol boot, biasanya tombol volume atas atau volume bawah, kemudian hubungkan handphone ke komputer menggunakan kabel data (sambil menekan tombol boot sambil hubungkan handphone ke komputer)
  5. Jika cara di atas sudah anda lakukan, maka sercara otomatis proses flashing berjalan dengan sendirinya
  6. Anda tinggal menunggu proses flashing nya sampai selesai sekitar 3-5 menitan dan muncul logo centang hijau
  7. Jika proses flashing sudah selesai, anda tinggal lepas kabel data, lepas dan pasang kembali baterai, lalu cobalah hidupkan handphone nya
  8. Proses booting setelah dilakukan flashing memang cukup lama sekitar 3-5 menitan, jadi jangan anggap handphone anda bootloop yah.

Itulah tadi Cara Menggunakan SP Flash Tool Untuk Flashing Hp Yang ber Chipset MediaTek, namun perlu anda ingat, cara di atas akan menghapus data pada penyimpanan telepon/memori internal, jadi jika sempat atau bisa, di harapkan backup terlebih dahulu.

Posting Komentar untuk "Cara Menggunakan SP Flash Tool Untuk Flashing Hp Chipset MediaTek"